Senin, 17 September 2012

DOLANAN BETENGAN

PERMAINAN BETENGAN waktu kecil, kalau ada yg bisa aplikasi bisa juga dibuat game.
Area atau lokasi, masing-masing dibagi menjadi 2 kelompok atau group, kemudian setiap kelompok bikin base sebagai tempat aman untuk berlindung, dan sebuah base sebagai tempat para tawanan. Base tempat para tawanan dibuat sedemikian rupa sehingga kalau ada seseorang yang mau membebaskan tawanan terjangkau untuk memprotectnya atau menghalau orang yang mau membebaskan tawanan.
Cara bermain : intinya setiap personel berhak merebut base lawan. siapa ya
ng berhasil menyentuh base lawan tanpa tertangkap berarti menang. Setiap personel yang meninggalkan basenya bisa ditangkap oleh pihak lawan, tergantung mana yang keluar dari base yang terlebih dahulu, maka mereka bisa ditangkap dan dijadikan tawanan. cara menangkap lawan hanya dengan mengejar lalu menyentuhnya atau bersentuhan, maka mereka yang meninggalkan base lebih awal dianggap telah tertangkap. begitu juga tawanan bisa dibebaskan dengan cara menyentuh teman yang datang untuk membebaskannya. 
Permainan ini butuh sportifitas yang tinggi karena memang rawan perselisihan untuk masatikan ketika bersentuhan siapa sebenarnya yang lebih dahulu meningalkan base.

 Keterangan gambar :
A = Base kelopok A
B = Base kelopok B
C = Base tahanan milik kelompok A (kekuasaan kelompok A)
D = Base tahana milik kelopok B

* Base bisa terbuat dari batu, batang kayu, pohon atau lainnya
 *Pemain pupuk bawang kalau gak salah artinya pelengkap, atau penghibur, jadi pemain pupuk bawang artinya penggembira dia tidak harus ikut aturan sepenuhnya tetapi bermain sesuai kebijakan seniornya agar bisa lebih flexible. Contohnya satu group ada 5 personel maka agar berimbang lawannya juga harus ada 5 personel. tetapi kadang ada kebijaksanaan karena jumlah peserta ada 11 orang jadi kalau dijadikan 2  group kelebihan 1 orang. dan tentu setiap group akan berusaha merekrut personil yg handal. maka satu orang yg tersisa ini dengan kebijaksanaan boleh ikut ke salahsatu group.

disampaikan oleh : Achmad Budiono

1 komentar:

  1. bagus lur, salam dr Tayu Kulon
    http://renotykl.blogspot.co.id/

    BalasHapus